Minggu, 18 Desember 2011

**1001 Manfaat Teh



1001 Manfaat Teh


Kandungan catechin dan polyphenol yang ada dalam teh bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel sehingga penuaan dini bisa dicegah. Ekstrak daun teh dapat mengecilkan pori-pori di wajah, menyamarkan flek, mengatasi jerawat, memberikan nutrisi dalam kulit. Kandungan tanin dalam teh baik untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.


Polyphenol dalam teh mampu menghambat pertumbuhan bakteri sampai 30 persen dan mengurangi produksi senyawa penyebab napas tidak sedap di mulut. Teh juga mengandung senyawa astrigent sehingga dapat membantu mengatasi dan menyegarkan mata sembabserta menghilangkan lingkaran hitam di mata.


Paduan kafein dan catechine dalam teh mampu membakar 4 persen kalori lebih banyak. Catchine dalam teh juga menghambat penyerapan vitamin B1. hal ini akan mengurangi metabolisme gula darah yang selanjutnya berpengaruh pada pengurangan berat badan.


Vitamin E. dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak 100-200 IU yang merupakan kebutuhan sehari bagi tubuh manisia. Jumlah ini cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.


Vitamin C berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap berbagai macam penyakit.


Vitamin A yang ada dalam teh berbentuk betakaroten. Betakaroten sendiri merupakan salah satu zat yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas, sehingga dengan mengonsumsi teh akan menjauhkan diri dari penyakit jantung yang salah satunya disebabkan oleh adanya radikal bebas tersebut.


Macam-macam teh


  • Teh Hijau
Cara membuat teh hijau tidak menggunakan metoda fermentasi, sehingga kandungan zat yang ada didalamnya tidak mengalami kerusakan. Teh hijaumerupakan teh yang paling baik dikonsumsi, kaya vitamin A, C dan E. Untuk kesehatan manfaat teh hijau adalah untuk mencegah kangker, penyakit liver dan mengatasi panas dalam. Agar khasiat teh hijau tidak rusak, sebaiknya tidak munggunakan air dengan suhu diatas 80 derajat celsius dalam membuat teh ini. Yang paling optimal adalah dikisaran suhu 70 sampai 80 derajat celsius. Teh hijausebaiknya juga tidak diseduh dalam teko yang berasal dari tanah liat. Sifat tanah liat yang mampu menyimpan panas akan membuat daun teh terlalu matang dan akhirnya rusak.


  • Teh Putih
Teh putih dibuat dari tunas teh yang berbulu halus dan berwarna putih yang diproses dengan fermentasi ringan. Teh ini beraroma bunga dan berwarna kuning muda. Manfaat teh putih adalah untuk membantu metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah dan menunda proses penuaan dini. Cara pembuatannya dengan menggunakan air pada suhu maksimal 85 derajat celsius agar khasiat teh putih tidak rusak.


  • Teh Oolong
Ching Cha atau lebih dikenal dengan Oolong Tea adalah teh dengan fermentasi ringan. Teh Oolong memiliki aroma dan rasa yang sangat lembut. Manfaat teh ini adalah dapat untuk menurunkan hipertensi, menjaga stamina dan menyegarkan pernapasan. Supaya khasiat teh oolong tidak rusak seduh dengan air kurang lebih 90 derajat celsius.


  • Teh Merah
Teh merah adalah teh dengan fermentasi berat. Memiliki aroma dan rasa yang kuat. Manfaat teh merah adalah dapat untuk menghilangkan lemak dan membantu kerja pencernaan. Supaya khasiat teh merah tidak rusak, seduh dengan air kurang lebih 90 derajat celsius.


  • Teh Hitam
Teh hitam lebih dikenal dengan sebutan teh tua atau teh yang sengaja disimpan bertahun-tahun. Teh hitam memiliki rasa yang lembut dan berwarna merah kehitaman. Manfaat teh hitam adalah untuk menghilangkan lemak dan kolesterol. Teh merah berasal dari yunan (China). Agar khasiat teh hitam tidak rusak, seduh dengan air 100 derajat celsius.


  • Teh Bunga
Rasa teh bunga nikmat menyegarkan dengan aroma wewangian alami. Teh bunga diproses dengan cara pengasapan dan penambahan bunga-bunga alami. Manfaat teh bunga adalah dapat untuk membantu metabolisme tubuh dan menghilangkan stres. Agar khasiat teh bunga tidak rusak, seduh dengan air dibawah suhu 80 derajat celsius.


Minum Teh


Hal yang perlu diperhatikan ketika minum teh antara lain :
  1. Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dapat dinetralisir oleh zat stimulan teh.
  2. Ketika perut kosong sebaiknya tidak minum teh karena akan meningkatkan produksi asam lambung.
  3. Kebiasaan minum teh bergula sebaiknya dihentikan karena akan mengurangi khasiat teh tersebut.
  4. Kandungan zat yang ada dalam teh mudah teroksidasi sehingga akan berdampak kurang baik jika terlalu lama dibiarkan.
  5. Kandungan kafein dan zat stimulan dalam teh bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga minum teh bagi wanita hamil sangat tidak dianjurkan. Demikian pula untuk wanita menyusui, zat-zat diatas akan mengganggu kelenjar penghasil susu ibu sehingga akan mengganggu produksi ASI.
Dari artikel diatas, tergambar jelas manfaat minum teh. Disamping bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minum teh juga baik untuk kecantikan yang antara lain sebagai pelangsing tubuh, kesehatan kulit, mencegah bau mulut dan penyegar mata sembab. Maka dari itu, minumlah teh setiap hari dengan tetap memperhatikan beberapa hal di atas agar kita selalu sehat dan tampil menawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar