Minggu, 18 Desember 2011

**4 Manfaat Melatih Anak Tidur Sendiri


4 Manfaat Melatih Anak Tidur Sendiri


Mengajarkan anak tidur sendiri ternyata mempunyai banyak manfaat. Karena itu, psikolog Miftahul Jannah SPsi. MSi menyarankan orangtua agar melatih anak-anaknya tidur sendiri. Lalu apa sih manfaatnya?  

Otonomi Diri

Dengan mempunyai kamar sendiri, anak akan belajar mempunyai otonoomi diri sendiri. Ketika Anda melibatkan anak untuk memilih nuansa dan desain kamar, anak akan belajar bagaimana menggunakan hak untuk memilih bagi dirinya sendiri. Selain itu biarkan anak mengatur barang yang dimilikinya dikamarnya tersebut. Kegiatan ini dapat membawa anak agar tidak canggung ketika anak harus mulai terjun ke dunia sosial.  


Belajar Mandiri

Pembelajaran mandiri juga bisa dimunculkan ketika anak punya kamar sendiri. Biarkan anak mebereskan tempat tidurnya. Meja belajar dan kamarnya. Beri dia tanggungjawab. Jika kamarnya berantakan, anda bisa memberi contoh bagaimana merapikan tempat tidurnya baik dari anda sendiri maupun saudaranya. Dengan demikian anak akan belajar menanggung tanggungjawabnya.  

Self Concept

Dengan berani tidur sendiri anak akan merasa percaya diri. Karena itu diperlukan pujian ketika si kecil sudah berhasil berani tidur sendiri. Konsep diri anak akan terbentuk dengan baik karena anak mempunyai bekal percaya diri yang cukup. Dia juga akhirnya merasa dirinya berani sehingga akan berpengaruh dalam pergaulannya.  

Presentasi Diri Baik

Karena konsep dirinya baik, maka presentasi diri anak juga baik. Anak akan berani dan bisa mempresentasikan atau membawa dirinya dengan baik di pergaulan. Berani melakukan dan mengatakan apa yang menjadi keinginannya dan apa yang tidak diinginkan karena ia sudah terbiasa melakukannya di rumah. Anak akan belajar menjadi pribadi yang asertif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar