Minggu, 18 Desember 2011

**Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan




Apel Sehatkan Saluran Pencernaan


Manfaat buah apel, Anda mungkin sudah sering mendengar kalimat bijak yang menyatakan bahwa konsumsi satu apel sehari bisa menjauhkan Anda dari dokter. Namun, adakah bukti ilmiah dibaliknya?


Ahli mikrobiologi dari University of Denmark's National Food Institute mengungkap bahwa kandungan pectin dalam apel merupakan kunci sehat buah satu ini. Pectin meningkatkan kadar bakteri baik dalam sistem pencernaan.


Para peneliti memberi makan tikus dengan diet apel utuh atau produk berbahan dasar apel, seperti jus apel atau sup buah kental. Selanjutnya peneliti mengukur jumlah bakteri baik di dalam usus tikus tersebut. Bakteri baik merupakan jenis bakteri yang menguntungkan bagi kesehatan saluran pencernaan serta bisa mengurangi risiko beberapa penyakit.


"Tikus yang makan banyak pectin mengalami penambahan jumlah bakteri yang berfungsi memperbaiki kesehatan usus," tutur peneliti Andrea Wilcks, seperti dikutip situs healthday. Pectin, terang Wilcks, merupakan komponen serat yang terkandung di dalam apel.


Jika apel dikonsumsi teratur dan dalam jangka waktu yang lama, lanjut Wilcks, bakteri ini akan membantu memproduksi asam lemak rantai pendek yang menyediakan pH ideal. Dalam hal ini, pH ideal ini sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan mikroorganisme. Selain itu, bakteri baik tersebut juga memproduksi zat kimia butyrate."Butyrate merupakan bahan bakar penting untuk sel-sel di dinding usus."


Apel, Buah Istimewa Penangkal Flu


Manfaat buah apel yang lainnya adalah sebagai penagkal flu. Quercetinyang terdapat di dalam buah apel terbukti dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda pada masa-masa yang berbahaya, seperti saat musim hujan.


Apel serta bawang merah, brokoli adalah sumber quercetin, flavonoid yang dapat menyerang virus penyebab influenza saat tubuh stress. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa quercetin dapat memulihkan tubuh yang tegang akibat kelelahan. Quercetin terbukti dapat membantu menguatkan tubuh secara fisik juga mengatasi stress psikologi. Disamping memerangi flu, quercetin juga mampu mencegah penyakit kardiovaskular, alzheimer dan kanker pankreas.


Apel Turunkan Risiko Kanker Kolorektal


Manfaat buah apel menurut sebuah studi yang dipublikasikan di European Journal Of Cancer Prevention, bisa mengurangi risiko kanker kolorektal. Dalam studi ini, peneliti dari Polandia membandingkan 529 pasien penderita kanker kolorektal dengan 765 pasien tanpa kanker kolorektal di rumah sakit yang sama. 


Peneliti menemukan, pasien dengan kanker mengonsumsi rata-rata 9,5 takar apel per minggu. Sedang pasien tanpa kanker makan 11 takar apel seminggu. Mereka yang makan satu apel sehari juga mengalami pengurangan risiko. Sedang mereka yang makan lebih dari satu apel sehari mengalami pengurangan risiko hingga setengahnya. 


Mengonsumsi buah dan jenis sayur lainnya, menurut peneliti, tidak mempunyai efek yang sama dalam mengurangi risiko kanker kolorektal. Manfaat perlindungan apel, terang peneliti, berasal dari kandungan flavonoid tinggi di dalamnya. 


Flavonoid  merupakan Antioksidan yang banyak terdapat pada kulit apel. Flavonoid mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas. Hal ini mencegah kanker dan perbanyakan sel. Kandungan antioksidan, terang peneliti, lima kali lebih banyak dalam kulit apel dibandingkan dalam daging buahnya."Karena itu, pastikan mencuci tapi jangan mengupas sebelum dimakan," terang peneliti, seperti dikutip situsdailymail.co.uk


Akan tetapi, studi dari The World Cancer Research Fund menyatakan bahwa semua risiko kanker bisa dikurangi sebanyak 30 hingga 40 persen dengan melakukan perubahan gaya hidup sederhana, seperti menambah asupan buah dan sayuran, olahraga teratur dan mengontrol berat badan.


(sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar