Minggu, 18 Desember 2011

**Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

"Saya menyengsarakan orang lain. Kalau saya terus bersekolah, makin banyak orang yang susah"

Ini adalah surat pendek yang ditulis Liu Fuyang untuk guru dan teman-temannya disekolah yang saya kutip dari tabloid NOVA. Liu Fuyang, remaja 15 tahun asal Chongqing, Cina, terpaksa mengundurkan diri lantaran bau badannya tidak dapat diterima oleh guru dan teman-temannya. Dan yang paling menyedihkan, sang gurulah yang memutuskan Liu untuk meninggalkan sekolah dengan menyodorkan surat pernyataan pengunduran diri kepadanya.


Hik..hik..menyedihkan sekali ya Bun? Tragis banget.

Bunda, bau badan memang sangat mengganggu, apalagi ketika diruangan tertutup seperti sekolah ataupun kantor. Namun sayangnya, banyak lho dari kita yang tidak menyadari bau badan sendiri. Kata orang pinter, kita tidak bisa menditeksi lantaran otak kita sudah jenuh dengan bau sendiri. Teknis ini sering digunakan POLISI dan juga TIM SAR untuk meng-evakuasi jenazah yang sudah membusuk. Caranya dengan menghirup kuat-kuat aroma itu beberapa kali, setelah itu dijamin, bau busuk tidak menyengat lagi. Hehe…itu hanya sekedar tips mengatasi bau tidak sedap

Hihi…Nyambung lagi dech, apasih penyebab atau pemicu bau badan? nah dengan mengetahui, kita bisa ambil solusinya untuk meng-obati bau badan itu.


Bunda, jangan disangka keringat sebagai biang keladi masalah itu lho. Keringat sebenarnya tidak bau, yang bau adalah ketika ada bakteri didalam keringat itu. Dialah yang mengurai keringat menjadi zat-zat yang menimbulkan bau, seperti zat asam. 

Makanan, tarohlah, daging, petai, jengkol, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, terasi, bumbu kari, durian bisa memicu bau badan. Makanan-makanan ini akan menghasilkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh,  oleh tubuh zat ini dikeluarkan lagi diantaranya melalui keringat. Namun naas, zat ini juga sangat disukai bakteri. Sehingga semakin banyak makan makanan itu, tentu saja perkembangan bakteri juga semakin subur.

Area tubuh yang sangat disukai bakteri adalah sekitar lipatan tubuh, karena dilipatan tubuh itu terdapat kelenjar apoccrine, yang digunakan tubuh untuk mengeluarkan zat sisa. Oleh karena itu didaerah lipatan-lipatan itu, biasanya aromanya lebih “nendang” daripada area tubuh yang lain. Nah lho!!!

Wewangian. Jangan dikira wewangian selalu membuat wangi, ada banyak parfum yang bisa menyebabkan bau badan, namun itu tergantung jenis parfum. Pilihlah parfum yang mengandung deodorant, atau pilihlah deodorant yang sekaligus dapat digunakan sebagai wewangian.

Penyakit, gangguan penyakit tertentu, seperti diabetes, telinga, keputihan, eksim juga bisa mengakibatkan BB, solusinya segera lapor dokter agar penyebabnya terdeteksi dan penyakitnya segera diobati. Ada juga bau badan yang ditimbulkan oleh reaksi hormonal. Ini sering terjadi pada saat menstruasi atau saat menopause. Yang lebih gawat lagi jika bau badan yang disebabkan oleh kelainan genetik, dalam ilmu kedokteran sering disebut sebagai sindrom bau amis.

Trus apa solusinya?

Bunda, jika seseorang ingin mengatasi bau badan harus dilihat dari factorpenyebab bau badan. Jika bau badan dihasilkan dari keringat berlebih, mungkin karena stress, maka solusinya adalah dengan menerapkan hidup relaks, menarik nafas panjang, yoga atau meditasi. Yang penting, stress itu hilang terlebih dahulu agar produksi keringat tidak berlebihan. 

Air putih, sangat di rekomendasikan untuk solusi bau badan. Miumlah air putih minimal 2 liter setiap hari, terutama minum setelah bangun tidur. Minum Jus buahjuga mengurangi efek bau badan. Apalagi jika kita selalu makan sayur-sayuran hijau dan menghindari makan makanan yang berbau menyengat.

Bersih-bersih diri, mandi misalnya, akan menghilangkan bakteri yang ada di permukaan kulit. Memakai deodorant yang mengandung antirespirant akan membunuh si bakteri. Selain itu jika kita akan berpakaian, hindarilah pakaian yang tidak menyerap keringat, misalnya nilon. 

Sebenarnya, yang paling penting penyebab bau badan adalah bau yang ditimbulkan oleh penyakit dan kelainan genetik. Jika ini penyebabnya, segeralah kedokter untuk mengatasi dan mendapatkan solusi terbaik agar tidak menjadi kronis dan bau badan pun segera teratasi di hari kemudian. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar